Kamis, 26 Mei 2011

Tuba Barat Miliki 4 Puskesmas Rawat Inap

TUBABARAT-Kabar baik bagi masyarakat Tulangbawang Barat (Tuba Barat). Pada tahun 2011 mendatang, Kabupaten Tuba Barat akan memiliki empat puskesmas rawat inap (PRI). Keberadaan PRI ini tersebar di empat kecamatan di Tuba Barat.
Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Tuba Barat, Sigit Trenggono mengatakan, pada awal terbentuknya, Kabupaten Tuba Barat hanya memiliki dua puskesmas rawat inap, yakni Puskesmas Daya Murni di Kecamatan Tumijajar, dan Puskesmas Toto Mulyo di Kecamatan Gunung Terang. Pada tahun 2010, lanjut Sigit, Tuba Barat kembali mendapatkan tambahan satu puskesmas rawat inap di Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah. Dan pada Tahun 2011 mendatang, Tuba Barat kembali direncanakan akan mendapatkan pembangunan puskesmas rawat inap di Kibang Budi Jaya, Kecamatan Lambu Kibang.
”Dengan demikian, pada tahun 2011 dari sembilan puskesmas yang ada di Tuba Barat, empat puskesmas sudah menjadi puskesmas rawat inap,” tukas Sigit Trenggono, ditemui di DPRD Tuba Barat, Selasa (14/12).
Sigit menjelaskan, dengan keberadaan puskesmas rawat inap di Tuba Barat, tentunya akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Selain itu, katanya, puskesmas juga bisa memberikan pelayanan bagi masyarakat miskin yang terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas).
”Bagi masyarakat miskin yang tidak terdaftar sebagai peserta Jamkesmas, Pemkab Tuba Barat menyiapkan dana melalui Jamkesda yang telah dimulai sejak tahun 2010 ini,” jelasnya.
Sigit mengatakan, untuk menunjang peningkatan pelayanan puskesmas dan puskesmas pembantu, setiap tahunnya Pemkab Tuba Barat senantiasa meningkatkan tenaga kesehatan, baik dari kualitas dan kuantitas.
”Kita berupaya agar bidang kesehatan terus menjadi program prioritas. Masyarakat sehat otomatis negara kuat,” imbuhnya. (cw3/sa)
Dikutip Via translampungku.com

Tidak ada komentar: